picasion.com 21OPj

Wednesday, March 20, 2013

Fakta Unik Jambu Kristal



Keunikan Jambu Kristal

Indonesia dikenal sebagai zamrud khatulistiwa dunia, yang beriklim tropis dengan hanya memiliki 2 musim yang berbeda yakni hujan dan kemarau menjadikan Indonesia sebagai sentra tanaman dan buah-buahan dunia, sebab hampir semua tumbuhan dan buah-buahan dapat tumbuh dan berkembang dengan baik dinegara tercinta Indonesia. Setiap tanaman pasti memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri yang tidak dimiliki oleh tanaman lainnya terkait dengan judul blog ini yang membahas seputar tanaman jambu kristal dan Inilah beberapa Fakta unik dan sederhana tentang tanaman jambu Kristal :
  1. Tanaman jambu kristal dapat tumbuh hampir diseluruh negara. Antara lain di benua Asia, Amerika, Australia, Kepulauan Karibia dan Afrika. Dari hasil penelitian menyatakan jambu biji berasal dari daerah Meksiko yang kemudian menyebar ke berbagai tempat secara alamiah melalui perantara manusia dan hewan.
  1. Tanaman jambu kristal sangat kuat untuk tetap dapat tumbuh walaupun sudah terpotong, dan akan tetap tumbuh selama akarnya masih tetap tertanam di tanah dan tumbuhann ini juga dapat tumbuh di tanah yang mengandung pasir. 
  2. Tanaman jambu kristal dapat tumbuh dengan sangat cepat jika kondisi lingkungan sekitarnya sesuai dengan karakter tanaman ini. Pada saat mulai berbunga, hampir seluruh ujung rantingnya akan berbunga yang bewarna putih. Dengan wewangian khusus yang dikeluarkannya Bunga-bunga tersebut dapat memikat lebah atau serangga lain seperti kupu-kupu untuk hinggap di bunganya dan proses alami tersebut membantu proses penyerbukan. 
  3. Tanaman jambu kristal Beberapa diantaranya sanggup tumbuh hingga tinggi 9 meter. Pada tahun pertama setelah penanaman jambu biji kristal sudah mulai berbuah dan bisa dinikmati buahnya hingga akhirnya akan mencapai puncaknya pada tahun keempat. 
  4. Biji buah jambu kristal hanya 3% dari total ukuran buahnya. Buah jambu biji kristal dapat langsung dinikmati dari pohonnya atau dapat diolah menjadi berbagai macam dan bentuk olahan makanan atau minuman seperti sirup, permen, jus, selai, kue pai, bolu, kripik dan banyak lagi. Sedangkan daunnya yang sangat mujarab dapat menyembuhkan berbagai penyakit sakit perut dan  batuk. 
  5. Ukuran buah jambu kristal lebih besar dari buah jambu lainnya, ukurannya bisa mencapai dua kali ukuran jambu biji biasa, dengan berat rata-rata mencapai 750gram perbuahnya, satu pohon jambu kristal dapat menghasilkan 30kg. 
  6. Tanaman Jambu Kristal buahnya akan berbentuk kurang bagus atau benyak benjolan yang tak beraturan disana sini jika diberikan pupuk secara berlebihan.
semoga yang like dapat banyak keberuntungan, diberikan kesehatan, dipanjangkan umurnya aamiin!
Klik Like/Suka!

×
bloggerForum Blogger Indonesia