picasion.com 21OPj

Thursday, March 28, 2013

Jenis Jambu Biji

http://picasion.com/i/1TJ59/

Jenis Jenis Jambu Biji 

Jambu biji merupakan buah yang berasal dari Amerika latin dan kemudian menyebar ke berbagai negara secara alamiah melalui perantara burung dan hembusan angin yang membawa serbuk sari bunganya ke berbagai tempat. Jambu biji memiliki banyak jenis dan varian, di Indonesia sendiri terdapat beberapa macam buah jambu biji yang dikenal sejak lama dan sebagian petani telah membudidayakannya. Berikut adalah beberapa macam buah jambu biji yang ada di Indoensia :

Jambu Biji Kristal Taiwan

jambu kristal
Jambu biji kristal merupakan varian paling baru yang ada di Indonesia, diperkenalkan pada tahun 1991 oleh Tekhnik Taiwan. Jambu biji kristal terbagi menjadi dua, jambu kristal dan jambu kristal mutiara perbedaanya hanya terletak pada daging buah jambu kristal mutiara yang lebih bersih jernih dan lebih manis. Varian jambu biji kristal memiliki biji paling sedikit diantara varian jambu biji lainnya, buahnya yang berukuran besar dan memiliki daging buah yang bersih dengan tekstur yang renyah seperti buah apel menjadikannya sebagai buah jambu biji terfavorit pilihan mesyarakat dan prospek cerah jambu kristal bagi pelaku bisnis khususnya yang bergerak dibidang agro.

Jambu Biji Pasar Minggu

jambu kristal
Jambu ini memiliki dua jenis yang berbeda yakni berdaging putih dan berdaging merah. Masyarakat menyebut jambu biji pasar minggu daging putih dengan sebutan jambu susu putih dan rasanya manis, teksturnya lembut dan daging buahnya agak tebal. untuk yang berdaging merah rasanya kurang manis dan cepat membusuk. Jambu pasar minggu merupakan ras lokal, buahnya berbentuk agak lonjong dengan membulat bagian ujungnya, dan sedikit meruncing pada bagian pangkalnya. Kulit buahnya berwarna hijau kekuningan bila sudah masak.

Jambu Biji Getas Merah

jambu kristal
jambu biji getas merah tidak mengenal musim baik musim hujan atau kemarau jambu jenis ini selalu berbuah. bentuknya agak melonjong dan rasanya kurang manis, di daerah asalnya pageruyung kendal jambu ini sudah dibudidayakan. Jambu ini memiliki keunggulan tersendiri yang tidak dimiliki jambu biji varian lainnya yakni kandungan vitamin lengkap yang diperlukan tubuh antara lain mengandung quersetin, minyak atsiri, tanin, glikosida quersetin, flavonoid, asam kratogolat, asam guajaverin, asam ursolat, asam oleanolat, asam psidiolat.

Jambu Biji Australia

jambu kristal
Sesuai dengan namanya jambu biji Australia di introduksi dari benua Australia, ciri khas yang mencolok dari jambu Australia terdapat warna daun dan buahnya yang berwarna merah keunguan. Bentuknya yang cantik membuat tanaman ini sering digunakan sebagai tanaman hias di pekarangan rumah. Bila telah mencapai kematangan buahnya terasa manis.


Jambu Sukun

jambu biji kristal
Meskipun disebut jambu sukun yang artinya tidak berbiji, jambu varian ini masih tergolong kedalam jambu bjji. Jambu sukun tidak mengenal musim untuk berbuah pohonnya berproduksi terus menerus sepanjang tahun baik dimusim hujan dan musim kemarau namun hasil buahnya tidak sebanyak jambu biji jenis lainnya. Tanaman ini juga tahan terhadap serangan hama penyakit, rata-rata jambu sukun tidak memiliki biji, kalaupun ada hanya 2-3 biji saja. Rasa buahnya manis agak asam dengan tekstur keras namun renyah dan wangi. Warna daging buahnya putih sedikit kekuningan buah jambu sukun memiliki panjang antara 4-5cm, bentuknya mirip seperti buah apel, bila buahnya sudah mencapai kematangan berwanrna hijau keputihan.

Jambu Bangkok

jambu kristal
Sesuai dengan namanya jambu bangkok berasal dari Bangkok, Thailand. Produksi buahnya sangat banyak sehingga dalam satu pohon buahnya tampak menutupi daun. Biji buah jambu ini lebih besar dari jambu biji jenis lainnya. Ukuran buahnya besar dengan diameter sekitar 5cm dan panjang mencapai 6-7cm. Teksturnya agak keras dan rasanya sangat manis dengan kandungan air yang sedikit. Buahnya berwarna hijau kekuningan dan jika sudah mencapai kematangan berwarna merah bergaris hijau kekuningan.

Jambu Kamboja

jambu kristal
Jambu biji yang berasal dari negara kamboja ini memiliki rasa yang manis dan aroma yang tajam, bentuknya cukup besar dengan berat antara 400-500g perbuahnya. tanaman ini satu kali panen hanya dapat menghasilkan 10kg saja.

Jambu Tukan

jambu kristal
Buah jambu biji yang satu ini merupakan varietas introduksi dari Thailand. Di Pati orang menyebutnya dengan sebutan jambu kurap, daging buahnya sangat tebal dan rasanya enak dengan ukuran diameter buah mencapai 1.200-1.700g dan warna daging buahnya putih kekuningan. harga buah jambu tukan dipasaran relatif mahal, selama berbuah satu pohon dapat menghasilkan sekitar 120kg. Buah jambu tukan jika terlalu matang akan terasa kurang manis dan tidak enak.

Jambu Sari

jambu kristal
Jambu ini termsuk kedalam kategori jambu bangkok, namun ukurannya lebih kecil dari jambu bangkok. beratnya berkisar antara 6.00-1.000g, bentuk buahnya bulat dengan kulit buah berwarna kekuningan mengkilap jika sudah matang. Daging buahnya bertekstur halus dan rasaya manis, jambu biji ini tidak memiliki serat dengan warna daging yang putih dan aroma yang harum. Keunikan buah ini adalah ukurannya yang akan mengecil jika sudah mencapai tingkat kematangan.
semoga yang like dapat banyak keberuntungan, diberikan kesehatan, dipanjangkan umurnya aamiin!
Klik Like/Suka!

×
bloggerForum Blogger Indonesia