picasion.com 21OPj

Monday, March 11, 2013

Manfaat Jambu Kristal

jambu kristal

Manfaat Jambu Kristal

Jambu kristal merupakan varietas yang kini banyak dibudidayakan di wilayah Indonesia khususnya pulau jawa. Buah jambu kristal hampir tanpa biji ini mempunyai rasa yang sangat, lembut, nikmat, manis dan renyah. Jambu Kristal memiliki nutrisi yang sangat luar biasa dengan kandungan Vitamin A dan C, asam lemak tak jenuh serta serat pangan, tinggi akan Omega 3 dan 6. Kandungan Vitamin C yang terdapat pada Jambu Kristal 8 kali lipat lebih banyak dari Lemon dan 5 kali lipat lebih banyak dari Jeruk biasa, MANTAP! bukan? Jambu Biji Kristal Mempunyai bentuk bulat atau agak lonjong dengan dasar bergelombang dan ada juga yang rata tergantung varietasnya. Memiliki Kulit yang halus namun juga ada yang sedikit bergelombang dengan berlapiskan lilin di kulitnya. Jambu Kristal Memiliki warna hijau muda terang hingga hijau. Dagingnya berwarna putih bersih dan jernih, sangat tebal, renyah dan menjadi sedikit lunak sejalan dengan kematangan buah.

Jambu Kristal varian terbaru

varian terbaru dari Jambu Biji adalah Jambu Kristal, buah yang banyak mengandung vitamin dalam jumlah yang banyak dan tentunya memiliki multi manfaat bagi kesehatan. Buah jambu biji kristal mengandung vitamin C dan berbagai jenis mineral yang sanggup menangkal berbagai jenis penyakit dan menjaga kebugaran tubuh. Bukan hanya buahnya saja, kulit batang dan daunnya mengandung zat antibakteri dapat menyembuhkan beberapa jenis penyakit seperti diare. Secara taksonomi buah Jambu Biji (Jambu Kristal) tergolong ke dalam famili genus Psidium, spesies Guajava, Myrtaceae. jika dalam bahasa Latin disebut Psidium guajava. Dan jambu biji dikenal sebagai Guava dalam bahasa Inggrisnya, untuk di Indonesia disebut juga, Jambu Siki, Jambu Batu, atau Jambu Klutuk. karena memiliki kandungan zat gizinya yang tinggi seperti zat besi, vitamin C, dan potasium maka Banyak yang mengatakan buah Jambu Kristal merupakan buah yang sangat istimewa. Buah jambu kristal juga kaya zat non gizi, seperti Polifenol, komponen Karotenoid, dan serat pangan. Kandungan lain yang terdapat di buah Jambu Biji kristal adalah energi, rendah lemak, bebas dari asam lemak jenuh dan sodium, tetapi tinggi akan serat pangan.

Kandungan Vitamin Jambu Kristal

Vitamin C yang terkandung dalam buah Jambu Kristal biji sekitar 87 mg, dua kali lipat dari Jeruk manis yang sekitar (49 mg/100 g), lima kali lipat dari Orange(19mg/100 g), serta delapan kali lipat dari Lemon (10,5 mg/100 g). Sedangkan Jambu Bol dan Jambu Air kandungan vitamin C nya hanya per10mg dibanding Jambu Kristal yaitu 17 kali lipat dari empat kali lipat dari Jambu Bol (22 mg/100 g) dan Jambu Air (5 mg/100 g).
semoga yang like dapat banyak keberuntungan, diberikan kesehatan, dipanjangkan umurnya aamiin!
Klik Like/Suka!

×
bloggerForum Blogger Indonesia