picasion.com 21OPj

Monday, March 25, 2013

Prospek Cerah Jambu Kristal

Petani jambu kristal binaan IPB

Petani jambu kristal di kecamatan Dramaga Bogor, merupakan binaan dari IPB yang bekerja sama dengan Taiwan ICDF perlahan namun pasti para petani mulai beralih menanam tanaman jambu biji kristal di wilayah bumi tegar beriman tersebut.  Para petani daerah Dramaga Bogor sudah lama beralih menjadi petani jambu biji kristal, Pemerintah Kota Bogor juga bergerak cepat memfasilitasi para petani yang menanam jambu biji kristal dengan harapan menjadikan Bogor menjadi sentra jambu biji kristal di Indonesia. Daerah lain di Indonesia juga sudah mulai mengikuti jejak para petani bogor. Jambu Kristal Dramaga Bogor sudah cukup terkenal di pasar buah. Tingginya permintaan masyarakat akan buah yang berasal dari Taiwan ini, membuat Bupati Bogor Rachmat Yasin bertekad manjadikan Bogor sebagai pusatnya buah jambu kristal nusantara. Beliau juga meminta kepada BP4K untuk membantu mengenalkan jambu biji kristal asal Bogor kepada masyarakat luas, karena ternyata jambu biji jenis ini banyak belum diketahui masyarakat. Para petani mengaku sangat senang dengan wacana Pemkab Bogor tersebut dan sangat mengapresiasi niat Pemkab Bogor yang akan menjadikan Kabupaten Bogor menjadi sentra jambu kristal.

Populeritas Jambu Kristal

Jambu kristal adalah jambu introduki dari Taiwan yang didaulat sebagai jambu tanpa biji. Ukurannya Jumbo dan berasa sangat manis membuat harga buah ini ada di urutan teratas untuk kategori jambu biji. Ternyata petani dari wilayah Dramaga Bogor tidak sendiri dalam membudidayakan jambu kristal ini, ada juga para petani dari luar pulau jawa yang mencoba membudidayakannya, salah satunya adalah Provinsi Bali, tepatnya di Desa tiga. Dilihat dari kualitasnya yang memang lebih unggul dari varian jambu biji jenis lainnya, serta ukurannya yang besar, rasa yang manis, tekstur yg renyah, buah yang nyaris tanpa biji dan perawatan yang mudah membuat tanaman ini akan menjadi salah satu primadona para petani Pulau dewata. Berdasarkan fakta unik jambu kristal tersebut diharapkan ketergantungan bangsa kita terhadap buah import dapat dikurangi, dan jika buah-buahan kita dibudidayakan secara konsisten dan terpadu maka buah yang berkualitas tinggi dapat kita hasilkan dari dalam negeri. Budidaya jambu kristal dan buah lainnya bisa dilakukan dengan cara ovulasi atau penyambungan serta pencangkokan.

Jambu Kristal di Bali

Meskipun sudah mulai dibudidayakann lebih dari 10 tahun di Indonesia namun sampai saat ini eksistensi jambu Kristal masih tergolong baru di Bali. Oleh karenanya, prospek bisnis jambu biji kristal di Bali kedepannya akan sangat menjanjikan. Apalagi Bali merupakan objek wisata yang sudah terkenal seluruh dunia, sehingga prospek pertumbuhannya masih sangat besar. Untuk saat ini harga jambu kristal dipasar mencapai Rp.35.000 - 40.000/kg. Dinas pertanian Bangli juga berencana membantu para petani dalam membudidayakan tanaman ini seperti yang dilakukan oleh Pemkod Bogor. Dengan membarikan bibit kepada para petani dan memberikan penyuluhan terkait proses penanaman tanaman jambu kristal.
semoga yang like dapat banyak keberuntungan, diberikan kesehatan, dipanjangkan umurnya aamiin!
Klik Like/Suka!

×
bloggerForum Blogger Indonesia