Thursday, March 28, 2013

Jenis Jambu Biji

http://picasion.com/i/1TJ59/

Jenis Jenis Jambu Biji 

Jambu biji merupakan buah yang berasal dari Amerika latin dan kemudian menyebar ke berbagai negara secara alamiah melalui perantara burung dan hembusan angin yang membawa serbuk sari bunganya ke berbagai tempat. Jambu biji memiliki banyak jenis dan varian, di Indonesia sendiri terdapat beberapa macam buah jambu biji yang dikenal sejak lama dan sebagian petani telah membudidayakannya. Berikut adalah beberapa macam buah jambu biji yang ada di Indoensia :

Jambu Biji Kristal Taiwan

jambu kristal
Jambu biji kristal merupakan varian paling baru yang ada di Indonesia, diperkenalkan pada tahun 1991 oleh Tekhnik Taiwan. Jambu biji kristal terbagi menjadi dua, jambu kristal dan jambu kristal mutiara perbedaanya hanya terletak pada daging buah jambu kristal mutiara yang lebih bersih jernih dan lebih manis. Varian jambu biji kristal memiliki biji paling sedikit diantara varian jambu biji lainnya, buahnya yang berukuran besar dan memiliki daging buah yang bersih dengan tekstur yang renyah seperti buah apel menjadikannya sebagai buah jambu biji terfavorit pilihan mesyarakat dan prospek cerah jambu kristal bagi pelaku bisnis khususnya yang bergerak dibidang agro.

Jambu Biji Pasar Minggu

jambu kristal
Jambu ini memiliki dua jenis yang berbeda yakni berdaging putih dan berdaging merah. Masyarakat menyebut jambu biji pasar minggu daging putih dengan sebutan jambu susu putih dan rasanya manis, teksturnya lembut dan daging buahnya agak tebal. untuk yang berdaging merah rasanya kurang manis dan cepat membusuk. Jambu pasar minggu merupakan ras lokal, buahnya berbentuk agak lonjong dengan membulat bagian ujungnya, dan sedikit meruncing pada bagian pangkalnya. Kulit buahnya berwarna hijau kekuningan bila sudah masak.

Jambu Biji Getas Merah

jambu kristal
jambu biji getas merah tidak mengenal musim baik musim hujan atau kemarau jambu jenis ini selalu berbuah. bentuknya agak melonjong dan rasanya kurang manis, di daerah asalnya pageruyung kendal jambu ini sudah dibudidayakan. Jambu ini memiliki keunggulan tersendiri yang tidak dimiliki jambu biji varian lainnya yakni kandungan vitamin lengkap yang diperlukan tubuh antara lain mengandung quersetin, minyak atsiri, tanin, glikosida quersetin, flavonoid, asam kratogolat, asam guajaverin, asam ursolat, asam oleanolat, asam psidiolat.

Jambu Biji Australia

jambu kristal
Sesuai dengan namanya jambu biji Australia di introduksi dari benua Australia, ciri khas yang mencolok dari jambu Australia terdapat warna daun dan buahnya yang berwarna merah keunguan. Bentuknya yang cantik membuat tanaman ini sering digunakan sebagai tanaman hias di pekarangan rumah. Bila telah mencapai kematangan buahnya terasa manis.


Jambu Sukun

jambu biji kristal
Meskipun disebut jambu sukun yang artinya tidak berbiji, jambu varian ini masih tergolong kedalam jambu bjji. Jambu sukun tidak mengenal musim untuk berbuah pohonnya berproduksi terus menerus sepanjang tahun baik dimusim hujan dan musim kemarau namun hasil buahnya tidak sebanyak jambu biji jenis lainnya. Tanaman ini juga tahan terhadap serangan hama penyakit, rata-rata jambu sukun tidak memiliki biji, kalaupun ada hanya 2-3 biji saja. Rasa buahnya manis agak asam dengan tekstur keras namun renyah dan wangi. Warna daging buahnya putih sedikit kekuningan buah jambu sukun memiliki panjang antara 4-5cm, bentuknya mirip seperti buah apel, bila buahnya sudah mencapai kematangan berwanrna hijau keputihan.

Jambu Bangkok

jambu kristal
Sesuai dengan namanya jambu bangkok berasal dari Bangkok, Thailand. Produksi buahnya sangat banyak sehingga dalam satu pohon buahnya tampak menutupi daun. Biji buah jambu ini lebih besar dari jambu biji jenis lainnya. Ukuran buahnya besar dengan diameter sekitar 5cm dan panjang mencapai 6-7cm. Teksturnya agak keras dan rasanya sangat manis dengan kandungan air yang sedikit. Buahnya berwarna hijau kekuningan dan jika sudah mencapai kematangan berwarna merah bergaris hijau kekuningan.

Jambu Kamboja

jambu kristal
Jambu biji yang berasal dari negara kamboja ini memiliki rasa yang manis dan aroma yang tajam, bentuknya cukup besar dengan berat antara 400-500g perbuahnya. tanaman ini satu kali panen hanya dapat menghasilkan 10kg saja.

Jambu Tukan

jambu kristal
Buah jambu biji yang satu ini merupakan varietas introduksi dari Thailand. Di Pati orang menyebutnya dengan sebutan jambu kurap, daging buahnya sangat tebal dan rasanya enak dengan ukuran diameter buah mencapai 1.200-1.700g dan warna daging buahnya putih kekuningan. harga buah jambu tukan dipasaran relatif mahal, selama berbuah satu pohon dapat menghasilkan sekitar 120kg. Buah jambu tukan jika terlalu matang akan terasa kurang manis dan tidak enak.

Jambu Sari

jambu kristal
Jambu ini termsuk kedalam kategori jambu bangkok, namun ukurannya lebih kecil dari jambu bangkok. beratnya berkisar antara 6.00-1.000g, bentuk buahnya bulat dengan kulit buah berwarna kekuningan mengkilap jika sudah matang. Daging buahnya bertekstur halus dan rasaya manis, jambu biji ini tidak memiliki serat dengan warna daging yang putih dan aroma yang harum. Keunikan buah ini adalah ukurannya yang akan mengecil jika sudah mencapai tingkat kematangan.
Description: Jenis Jambu Biji
Rating: 4.5
Reviewer: Djoko Hardiyanto
ItemReviewed: Jenis Jambu Biji

Monday, March 25, 2013

Prospek Cerah Jambu Kristal

Petani jambu kristal binaan IPB

Petani jambu kristal di kecamatan Dramaga Bogor, merupakan binaan dari IPB yang bekerja sama dengan Taiwan ICDF perlahan namun pasti para petani mulai beralih menanam tanaman jambu biji kristal di wilayah bumi tegar beriman tersebut.  Para petani daerah Dramaga Bogor sudah lama beralih menjadi petani jambu biji kristal, Pemerintah Kota Bogor juga bergerak cepat memfasilitasi para petani yang menanam jambu biji kristal dengan harapan menjadikan Bogor menjadi sentra jambu biji kristal di Indonesia. Daerah lain di Indonesia juga sudah mulai mengikuti jejak para petani bogor. Jambu Kristal Dramaga Bogor sudah cukup terkenal di pasar buah. Tingginya permintaan masyarakat akan buah yang berasal dari Taiwan ini, membuat Bupati Bogor Rachmat Yasin bertekad manjadikan Bogor sebagai pusatnya buah jambu kristal nusantara. Beliau juga meminta kepada BP4K untuk membantu mengenalkan jambu biji kristal asal Bogor kepada masyarakat luas, karena ternyata jambu biji jenis ini banyak belum diketahui masyarakat. Para petani mengaku sangat senang dengan wacana Pemkab Bogor tersebut dan sangat mengapresiasi niat Pemkab Bogor yang akan menjadikan Kabupaten Bogor menjadi sentra jambu kristal.

Populeritas Jambu Kristal

Jambu kristal adalah jambu introduki dari Taiwan yang didaulat sebagai jambu tanpa biji. Ukurannya Jumbo dan berasa sangat manis membuat harga buah ini ada di urutan teratas untuk kategori jambu biji. Ternyata petani dari wilayah Dramaga Bogor tidak sendiri dalam membudidayakan jambu kristal ini, ada juga para petani dari luar pulau jawa yang mencoba membudidayakannya, salah satunya adalah Provinsi Bali, tepatnya di Desa tiga. Dilihat dari kualitasnya yang memang lebih unggul dari varian jambu biji jenis lainnya, serta ukurannya yang besar, rasa yang manis, tekstur yg renyah, buah yang nyaris tanpa biji dan perawatan yang mudah membuat tanaman ini akan menjadi salah satu primadona para petani Pulau dewata. Berdasarkan fakta unik jambu kristal tersebut diharapkan ketergantungan bangsa kita terhadap buah import dapat dikurangi, dan jika buah-buahan kita dibudidayakan secara konsisten dan terpadu maka buah yang berkualitas tinggi dapat kita hasilkan dari dalam negeri. Budidaya jambu kristal dan buah lainnya bisa dilakukan dengan cara ovulasi atau penyambungan serta pencangkokan.

Jambu Kristal di Bali

Meskipun sudah mulai dibudidayakann lebih dari 10 tahun di Indonesia namun sampai saat ini eksistensi jambu Kristal masih tergolong baru di Bali. Oleh karenanya, prospek bisnis jambu biji kristal di Bali kedepannya akan sangat menjanjikan. Apalagi Bali merupakan objek wisata yang sudah terkenal seluruh dunia, sehingga prospek pertumbuhannya masih sangat besar. Untuk saat ini harga jambu kristal dipasar mencapai Rp.35.000 - 40.000/kg. Dinas pertanian Bangli juga berencana membantu para petani dalam membudidayakan tanaman ini seperti yang dilakukan oleh Pemkod Bogor. Dengan membarikan bibit kepada para petani dan memberikan penyuluhan terkait proses penanaman tanaman jambu kristal. Description: Prospek Cerah Jambu Kristal
Rating: 4.5
Reviewer: Djoko Hardiyanto
ItemReviewed: Prospek Cerah Jambu Kristal

Wednesday, March 20, 2013

Fakta Unik Jambu Kristal



Keunikan Jambu Kristal

Indonesia dikenal sebagai zamrud khatulistiwa dunia, yang beriklim tropis dengan hanya memiliki 2 musim yang berbeda yakni hujan dan kemarau menjadikan Indonesia sebagai sentra tanaman dan buah-buahan dunia, sebab hampir semua tumbuhan dan buah-buahan dapat tumbuh dan berkembang dengan baik dinegara tercinta Indonesia. Setiap tanaman pasti memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri yang tidak dimiliki oleh tanaman lainnya terkait dengan judul blog ini yang membahas seputar tanaman jambu kristal dan Inilah beberapa Fakta unik dan sederhana tentang tanaman jambu Kristal :
  1. Tanaman jambu kristal dapat tumbuh hampir diseluruh negara. Antara lain di benua Asia, Amerika, Australia, Kepulauan Karibia dan Afrika. Dari hasil penelitian menyatakan jambu biji berasal dari daerah Meksiko yang kemudian menyebar ke berbagai tempat secara alamiah melalui perantara manusia dan hewan.
  1. Tanaman jambu kristal sangat kuat untuk tetap dapat tumbuh walaupun sudah terpotong, dan akan tetap tumbuh selama akarnya masih tetap tertanam di tanah dan tumbuhann ini juga dapat tumbuh di tanah yang mengandung pasir. 
  2. Tanaman jambu kristal dapat tumbuh dengan sangat cepat jika kondisi lingkungan sekitarnya sesuai dengan karakter tanaman ini. Pada saat mulai berbunga, hampir seluruh ujung rantingnya akan berbunga yang bewarna putih. Dengan wewangian khusus yang dikeluarkannya Bunga-bunga tersebut dapat memikat lebah atau serangga lain seperti kupu-kupu untuk hinggap di bunganya dan proses alami tersebut membantu proses penyerbukan. 
  3. Tanaman jambu kristal Beberapa diantaranya sanggup tumbuh hingga tinggi 9 meter. Pada tahun pertama setelah penanaman jambu biji kristal sudah mulai berbuah dan bisa dinikmati buahnya hingga akhirnya akan mencapai puncaknya pada tahun keempat. 
  4. Biji buah jambu kristal hanya 3% dari total ukuran buahnya. Buah jambu biji kristal dapat langsung dinikmati dari pohonnya atau dapat diolah menjadi berbagai macam dan bentuk olahan makanan atau minuman seperti sirup, permen, jus, selai, kue pai, bolu, kripik dan banyak lagi. Sedangkan daunnya yang sangat mujarab dapat menyembuhkan berbagai penyakit sakit perut dan  batuk. 
  5. Ukuran buah jambu kristal lebih besar dari buah jambu lainnya, ukurannya bisa mencapai dua kali ukuran jambu biji biasa, dengan berat rata-rata mencapai 750gram perbuahnya, satu pohon jambu kristal dapat menghasilkan 30kg. 
  6. Tanaman Jambu Kristal buahnya akan berbentuk kurang bagus atau benyak benjolan yang tak beraturan disana sini jika diberikan pupuk secara berlebihan.
Description: Fakta Unik Jambu Kristal
Rating: 4.5
Reviewer: Djoko Hardiyanto
ItemReviewed: Fakta Unik Jambu Kristal

Monday, March 11, 2013

Manfaat Jambu Kristal

jambu kristal

Manfaat Jambu Kristal

Jambu kristal merupakan varietas yang kini banyak dibudidayakan di wilayah Indonesia khususnya pulau jawa. Buah jambu kristal hampir tanpa biji ini mempunyai rasa yang sangat, lembut, nikmat, manis dan renyah. Jambu Kristal memiliki nutrisi yang sangat luar biasa dengan kandungan Vitamin A dan C, asam lemak tak jenuh serta serat pangan, tinggi akan Omega 3 dan 6. Kandungan Vitamin C yang terdapat pada Jambu Kristal 8 kali lipat lebih banyak dari Lemon dan 5 kali lipat lebih banyak dari Jeruk biasa, MANTAP! bukan? Jambu Biji Kristal Mempunyai bentuk bulat atau agak lonjong dengan dasar bergelombang dan ada juga yang rata tergantung varietasnya. Memiliki Kulit yang halus namun juga ada yang sedikit bergelombang dengan berlapiskan lilin di kulitnya. Jambu Kristal Memiliki warna hijau muda terang hingga hijau. Dagingnya berwarna putih bersih dan jernih, sangat tebal, renyah dan menjadi sedikit lunak sejalan dengan kematangan buah.

Jambu Kristal varian terbaru

varian terbaru dari Jambu Biji adalah Jambu Kristal, buah yang banyak mengandung vitamin dalam jumlah yang banyak dan tentunya memiliki multi manfaat bagi kesehatan. Buah jambu biji kristal mengandung vitamin C dan berbagai jenis mineral yang sanggup menangkal berbagai jenis penyakit dan menjaga kebugaran tubuh. Bukan hanya buahnya saja, kulit batang dan daunnya mengandung zat antibakteri dapat menyembuhkan beberapa jenis penyakit seperti diare. Secara taksonomi buah Jambu Biji (Jambu Kristal) tergolong ke dalam famili genus Psidium, spesies Guajava, Myrtaceae. jika dalam bahasa Latin disebut Psidium guajava. Dan jambu biji dikenal sebagai Guava dalam bahasa Inggrisnya, untuk di Indonesia disebut juga, Jambu Siki, Jambu Batu, atau Jambu Klutuk. karena memiliki kandungan zat gizinya yang tinggi seperti zat besi, vitamin C, dan potasium maka Banyak yang mengatakan buah Jambu Kristal merupakan buah yang sangat istimewa. Buah jambu kristal juga kaya zat non gizi, seperti Polifenol, komponen Karotenoid, dan serat pangan. Kandungan lain yang terdapat di buah Jambu Biji kristal adalah energi, rendah lemak, bebas dari asam lemak jenuh dan sodium, tetapi tinggi akan serat pangan.

Kandungan Vitamin Jambu Kristal

Vitamin C yang terkandung dalam buah Jambu Kristal biji sekitar 87 mg, dua kali lipat dari Jeruk manis yang sekitar (49 mg/100 g), lima kali lipat dari Orange(19mg/100 g), serta delapan kali lipat dari Lemon (10,5 mg/100 g). Sedangkan Jambu Bol dan Jambu Air kandungan vitamin C nya hanya per10mg dibanding Jambu Kristal yaitu 17 kali lipat dari empat kali lipat dari Jambu Bol (22 mg/100 g) dan Jambu Air (5 mg/100 g). Description: Manfaat Jambu Kristal
Rating: 4.5
Reviewer: Djoko Hardiyanto
ItemReviewed: Manfaat Jambu Kristal

Budidaya jambu kristal

Budidaya jambu kristal

membudidayakan Jambu Kristal tidak ada bedanya dengan tanaman buah iklim tropis lainya. tidak diperlukan lahan yang luas untuk budidaya Jambu biji Kristal ini, manfaatkan saja lahan yang ada disekitar rumah Anda, bisa juga dengan sistem tabulampot untuk budidaya Jambu biji Kristal, selain lebih praktis juga cukup indah untuk dipandang mata, tanaman jambu kristal juga tidak membutuhkan perawatan berlebih. Dalam waktu normal sekitar umur 7 bulan pertama setelah tanam, pohon jambu kristal sudah bisa dipanen namun bisa dipastikan hasilnya belum terlalu banyak seperti pohon yang sudah berumur cukup lama. Untuk tahun pertama pohon jambu kristal bisa mengahsilkan kurang lebih sekitar 50 kg atau 70 buah. Pupuk yang digunakan untuk tanaman jambu kristal sama saja dengan tanaman lainnya yakni pupuk kompos yang dikombinasi dengan pupuk kandang.

jambu kristal
jambu kristal

 Penenaman jambu kristal

pilih tanah yang subur untuk berkebun buah-buahan khususnya Jambu kristal Sebagai salah satu syarat dalam mempersiapkan lahan berkebun, gemburkan tanah dengan bajak atau cukup dicangkul dengan kedalaman kurang lebih 30 cm secara merata. Selanjutnya berikan pupuk kandang dan pupuk kompos dengan dosis 40 kg/m persegi. komposisi yang digunakan untuk penanaman jambu kristal dalam pot antara lain adalah tanah, pupuk kandang, dan sekam yang sudah menjadi arang, untuk dasar pot  isikan dengan batu apung atau kerikil bisa juga dengan busa agar air bisa cepat jatuh saat penyiraman yang berlebihan atau pada saat curah hujan yang sedang tinggi, sehingga media tanam jambu kristal atau pot tidak becek.

Panen jambu kristal

pada dua minggu pertama setelah penanaman, pohon jambu kristal harus disiram sebanyak dua kali dalam satu hari pagi dan sore. Dan untuk minggu-minggu berikutnya penyiraman bisa dikurangi menjadi satu kali sehari secara rutin. Dan Apabila pohon jambu biji kristal ini telah tumbuh besar dan benar-benar kuat maka frekuensi penyiramannya dapat dikurangi lagi seperlunya saja. Apabila turun hujan dengan intensitas tinggi maka diusahakan agar sekeliling pohon  jambu kristal tidak tergenang air, untuk mengatasinya adalah dengan cara membuat lubang saluran air untuk mengalirkan air yang menggenangi sekitar pohon  jambu kristal. Ketika musim kemarau tiba dan tanah mulai terlihat merekah maka diperlukan penyiraman dengan intensif dan dilakukan rutin setiap sore hari sehari sekali. jambu biji kristal yang telah matang dan siap panen memiliki ciri-ciri buah yang berwarna hijau muda ke putih-putihan dan juga bisa dengan mencium baunya serta yang terakhir dengan merasakannya. Untuk pemanenan buah jambu kristal yang dianjurkan adalah dipetik beserta tangkainya agar buah tidak rusak, berbarengan dengan itu lakukan perawatan cabang dan batang dengan cara dipangkas seperlunya agar pohon jambu kristal tidak menjadi rusak dan dapat bertunas kembali dengan baik agar dapat cepat berbuah kembali. Description: Budidaya jambu kristal
Rating: 4.5
Reviewer: Djoko Hardiyanto
ItemReviewed: Budidaya jambu kristal

Wednesday, March 6, 2013

Jambu Kristal

Asal jambu kristal

 Jambu kristal berasal dari muangthai park, ditemukan di District Kao Shiung - Taiwan, pada tahun 1991 dan diperkenalkan di indonesia di tahun yang sama. Buah jambu kristal memiliki biji yang sedikit yakni hanya 3% dari bagian buah, bahkan jika dilihat sepintas buah jambu kristal ini hampir tidak berbiji.
ciri ciri Jambu Kristal sebagai berikut:
  • Pohon Jambu Kristal dapat berbuah sepanjang tahun secara continue.
  • Satu pohon Jambu Kristal sekali berbuah dapat menghasilkan 20 - 40 buah.
  • Bobot perbuah Jambu Kristal 600 gram bahkan ada yang mencapai 900 gram.
  • Tekstur buah Jambu Kristal renyah saat hampir matang dan empuk saat dipuncak kematangan dengan warna daging yang putih bersih.
  • Kadar air buah Jambu Kristal cukup tinggi dan terasa segar saat dimakan dengan kadar kemanisaanya mecapai 11 - 12 briks.
  • Jambu Kristal lebih tahan terhadap hama penyakit dan kekeringan.

Keunggulan Jambu Kristal

Jambu Kristal memiliki keunikan tersendiri jika dilihat dari tekstur daging buahnya. Varian jambu biji ini disebut Jambu Kristal karena warna daging dari buah jambu ini yang putih bersih jernih seperti kristal. Memiliki rasa yang manis dengan tekstur renyah dan membuat perbedaan tersendiri dengan varian jambu biji yang lainnya. Kulit buah Jambu Kristal ini mengandung lilin sehingga membuat buah Jambu Kristal ini kuat dari serangan hama dan tidak mudah busuk pastinya. Tanaman Jambu Kristal sangat cepat beradaptasi serta salah satu yang terpenting adalah mudah perawatnanya. Terbukti hasil panen Jambu Kristal selalu habis terjual bahkan para petani mengaku kerap kekurangan untuk memenuhi permintaan para pembeli dari dalam dan luar negeri. Kebutuhan dan permintaan akan buah Jambu Kristal setiap tahunnya selalu meningkat sejalan dengan semakin dikenalnya varian dari buah jambu ini oleh masyarakat dalam dan luar negeri. Pemasaran dan budidaya Jambu Kristal pastinya akan menjadi peluang usaha yang menarik bagi para patani dan pengusaha lokal. Prodiktifitas Jambu Kristal terbilang tinggi dibanding varian jambu biji yang lainnya sehingga lebih menguntungkan.

Pangsa Pasar Jambu Kristal

Mengenai pasar Jambu Kristal Banyak pakar agro bisnis menilai bahwa baru sebagian masyarakat yang mengenal varian dari jambu biji ini, namun sudah mampu membuat bingung para pelaku bisnis dan petani yang selalu kehabisan stok. Kepopuleran buah Jambu Kristal ini di prediksi oleh beberapa pengamat akan semakin meningkat kedepannya. menurut pengakuan para petani, pembeli buah Jambu Kristal ini selalu berebutan untuk memesa ketika stok Jambu Kristal sedang berlimpah atau ketika sedang panen. Tanggapan masyarakat akan varian jambu biji ini sangat luar biasa, para petani menilai faktor yang menyebabkan buah Jambu Kristal ini laku dipasar adalah rasa daan teksturnya. Masyarakat sangat menyukai rasa buah Jambu Kristal ini yang terasa manis dengan tekstur yang renyah seperti buah apel dan biji buah yang sedikit. Description: Jambu Kristal
Rating: 4.5
Reviewer: Djoko Hardiyanto
ItemReviewed: Jambu Kristal